Selamat Datang di Blog MudyShare

Senin, 30 April 2012

 BATIK MENDUNIA MELALUI WORLD BATIK SUMMIT 2011



 

Batik adalah karya budaya yang mewakili identitas Indonesia di mata dunia. Dalam selembar kain batik terpapar identitas budaya dan sejarah sebuah daerah atau kota, seperti Batik Pekalongan, Batik Solo, Batik Cirebon, Batik Jogja, Batik Kudus.
Unesco telah menetapkan Batik Indonesia sebagai salah satu  Warisan Budaya Indonesia yang menjadi warisan dunia pada tanggal 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.
World Batik Summit 2011 dengan Tema ”Indonesia : Global Home Of Batik”, September 28th s.d. October 2nd 2011 yang diselenggarakan di Jakarta Covention Center,  merupakan salah satu usaha untuk melindungi, melestarikan, mengembangkan serta mempromosikan batik Indonesia di dunia Internasional.
Batik Indonesia secara Internasional kelak menjadi aset bangsa yang mampu menopang sektor perekonomian, perdagangan, perindustrian maupun pariwisata Indonesia.
World Batik Summit 2011 merupakan momentum strategis bagi Indonesia untuk lebih meningkatkan kreativitas, kualitas, dan citra produk batik Indonesia menjadi semakin terkenal dan dapat diterima masyarakan dunia, sebagai salah satu unggulan Kelompok Usaha Kecil Menengah (KUKM) dan juga merupakan sarana untuk memantapkan eksistensi batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia di kalangan masyarakat global.
World Batik Summit 2011 merupakan salah satu pilar penyangga perekonomian Indonesia dan merupakan kebanggaan tersendiri masyarakat Indonesia.
Dalam pameran ini bukan hanya mempromosikan mutakhir hasil karya masyarakat Indonesia, namun juga menjadi ajang edukasi bagi generasi muda dalam menambah wawasan tentang produk batik baik dari segi design, jenis, bahan, dan juga dapat memberikan inspirasi.
Batik Indonesia mempunyai nilai filosofis dan estetika yang tinggi serta telah diakui oleh dunia Internasional. Oleh sebab itu World Batik Summit 2011 diharapkan dapat mendongkrak image serta lebih mempopulerkan Batik Nusantara di mata dunia Internasional.
 Pembaca yang budiman, Marilah kita lestarikan hasil budaya nenek moyang kita untuk generasi berikutnya, dan menjadi corak dasar bangsa Indonesia di Mata Dunia.

Sumber : http://sosbud.kompasiana.com/2011/09/29/menduniakan-batik-indonesia-melalui-world-batik-summit-2011/

Please Visit http://translate.google.com/  for Switch to Another language

Tidak ada komentar:

Posting Komentar