Selamat Datang di Blog MudyShare

Kamis, 26 April 2012


RI Pimpin Pasar Obligasi Korporasi Asia Timur

Asia Development Bank (ADB) menuturkan, pasar obligasi dalam mata uang lokal di Asia Timur tumbuh sebesar tujuh persen menjadi USD5,7 triliun pada akhir 2011. Pertumbuhan ini didorong oleh pasar obligasi korporat yang tumbuh sebesar dua digit yang dipimpin oleh Indonesia dengan pertumbuhan pasar obligasi korporat yang paling tinggi di kawasan Asia Timur.

"Pasar obligasi Korporat Asia Timur yang sedang berkembang akan terus tumbuh dalam beberapa tahun kedepan karena bank-bank bersiap untuk memenuhi kebutuhan modal yang lebih tinggi, lalu perusahaan-perusahaan perlu dana kawasan dan tingginya opermintaan investor domestik dan investor," ungkap Kepala Kantor Itegrasi Ekonomi Regional ADB Iwan J Azis, di Jakarta, Kamis (26/4/2012).

Iwan melanjutkan, obligasi outstanding yang dijual di bank-bank dan perusahaan-perusahaan di Asia meningkaty 17,1 persen menjadi USD1,9 triliun. Pertumbuhan ini lebih rendah dibandingkan tahun 2009 atau 2010, tapi lebih tinggi dari pertumbuhan pada pertengan tahun 1990-an. Laju penawaran obligasi korporat meningkat pada awal 2012 yang menunjukkan pertumbuhan pada tahun ini juga.

Lembaga-lembaga simpanan kontraktual, seperti dana pensiun, perusahaan asuransi dan lembaga penjaminan jaminan sosial di Asia timur yang sedang berkembang menjadi pembeli yang makin penting bagi obligasi korporasi di Asia timur itu.

"Permintaan dari mereka juga akan meningkat karena mereka ingin mendapatkan hasil yang lebih tinggi dan investasi yang berjangka lebih panjang dari yang ditawarkan oleh obligasi pemerintah," jelasnya.

Sekadar informasi, obligasi Indonesia memiliki kinerja terbaik di Asia dengan menghasilkan return sebesar 18,4 persen untuk obligasi dolar yang tidak dihedge dan 19,7 persen untuk seluruh obligasi dalam mata uang lokal di tahun 2011.

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2012/04/26/278/619074/ri-pimpin-pasar-obligasi-korporasi-asia-timur

Please Visit http://translate.google.com/  for Switch to Another language

Tidak ada komentar:

Posting Komentar